Senin, 19 Desember 2011


INSPIRASI
Seeorang anak kecil ditanya oleh seorang gurunya”  mengapa kamu menangis nak?” anak kecil tersebut menjawab “karena di cubit temanku”. Dengan senyum guru tersebut menghibur” nak kalo Cuma di cubit kan tidak sakit”.
Kisah lain “ seorang ibu rumah tangga pergi kepasar untuk membeli sayur-sayuran untuk persiapan makan siang. Tiba di pasar si ibu kebingungan karena  banyak sayur-sayuran yang masih segar - segar. Si ibu mencoba memperlambat langakahnya sambil berkata dalam hati kecilnya  “ nanti siang pasnya lauk dan sayur apa enaknya ya“. Pillihan itu akhirnya ia putuskan berdasarkan selera yang penting makan siang nanti enak dan suamiku pasti selera makannya.

Arti inspirasi

Inspirasi merupan kerangka berfikir, cara memahami, menilai, dan mencoba untuk mengetahui kebenaranya. Inapirasi juga dapat diartikan sebagai gairah, munculnya semangat, kemauan dan timbulnya ide-ide baru. Dari cerita diatas membuktikan inspirasi sang guru yang peka karena keingin tahuannya mengapa anak tersebut menangis dan guru tersebut mencoba menghiburnya dengan mengatakan kalo cuma di cubit itukan tidak sakit. Dimana letak inspirasi guru tersebut ketika menghibur  anak didiknya ketika menangis.

Letak inspirasi dari cerita tersebut ialah ketika munculnya ide menghibur karena prihatin supaya anak itu tidak berlanjut menangis. Berdasarkan logika manusia (human logic) mana ada di cubit itu tidak sakit. Untuk membuktikan kebenarannya coabalah cubit perutmu sendiri atau kamu coba cubit teman dekatmu. Apa yang kamu rasakan ketika perutmu dicubit pasti sakit bukan, atau temanmu yang di cubit marah. Ketika merasakan hal yang tidak mungkin di rasakan tapi di rasakan  Pasti ada yang timbul berupa ide  “ saya tidak  mau mengulangi kedua kalinya ternyata di cubit itu sakit dan orang lain bisa marah”. Ide tersebut disebut inspirasi untuk tidak mencubit lagi.

Bagaimana kisah seorang ibu rumah tangga tersebut, apakah pilihanya dan berdasarkan apa dia memilih. Tidak mungkin manusia melakukan atau bertindak tidak berdasarkan inspirasi dan pilihan. Mari buktikan kebenaranya, Ketika ibu pergi kepasar, apakah sudah di rencanakan dari rumah, sayur apa yang akan di beli. Namun mengapa pilihan itu tidak berdasarkan kemauanya karena ketika di pasar, sang ibu kebingungan dalam memilih. Akhir pilihanya yang penting pas dan enak buat makan siang dan suaminya suka dengan sayur tersebut. Dari kisah ini ibu rumah tangga terinspirasi bahwansanya sayur yang di belinya pas untuk makan siang karena sarapan pagi dan siang itu berbeda atau makan siang dan malam beda juga menunya.
Inspirasi tersebut timbul berdasarkan waktu dan tempat dimana keberadaan seseorang tersebut. Bukti kebenaranya ialah inspirasi tidak timbul secara tiba – tiba namun sering kali inspirasi itu timbul ketika ada objek yang di kaji terdapat kebenaranya. Artinya ibu tersebut membeli sayur karena berdasarkan selera bukan niat atau idenya dari rumah untuk membeli sayur ini dan itu tapi berbentuk ide sayuran dan inspirasi tersebut ada setelah berada di pasar.

Membangun Inspirasi

Pandangan setiap orang atau setiap individu berbeda-beda menilai seorang pemain sepak bola dengan nomor punggung 11. Ada yang menilai nomor punggung 11 bermain kurang seportip, letoy bahasa jakarta, posisi seharusnya bukan kapten tapi kiper. Namun sebagian lain ada yang menilai nomor punggung 11 tersebut bermain dengan baik terarah dan selalu memberikan spirit kepada pemain yang lain karena nomor punggung 11 adalah kapten.

 Dan jarang ada yang lemah semangatnya ketika bermain walaupun mengalami kekalahan. Insfirasi negatip mengenai penilaian kekalahan adalah merusak maupun tawuran. Namun dampak positifnya insfirasi akan terbangun dengan lebih bekerja keras lagi menambah kemampuan pemain dengan banyak latihan, makananya terjaga dan terjamin namun yang tidak kalah pentinya ialah motivasi dari pelatih. 

Insfirasi terbangun berdasarkan objek yang mempengaruhi daya berpikir untuk yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Khayalan yang dibangun berdasarkan kerangka berfikir manusia menumbuhkan buah hasil berupa menuju arah yang lebih baik lagi atau pembangunan. Logika manusia hanya berada pada tingkat khayalan ( ide baru atau inspirasi ) dan manusia tidak akan mampu berada di tingkat yang paling tinggi seperti lidah menjangkau kuping ( hal yang mustahil ). Artinya semua yang tergores atau yang timbul dari barbagai ide karena objek tidak akan mencapai suatu kebenaran yang pasti namun perlunya perhitungan yang berjenjang karena alam tidak mendukung. Hal demikian merupakan suatu bentuk bahwasanya, manusia memiliki keterbatasan dalam kesepurnaan.

Keterbatasan Manusia

Pada saat kita berada pada lapangan yang luas apa yang ada dalam pikiran kita, tentu akan timbul suatu ide, Tiba-tiba ada keinginan lapangan tersebut dijadikan arena pertandingan sepak bola. Disinilah letak insfirasi manusia yakni membangun dan insfirasi terbangun dari gaya dan pola berfikir manusia tentang manfaat.
Keterbatasan manusia terletak pada tingkat yang tidak mampu di fikirkan seperti alam tidak mendukung lapangan tersebut di jadikan arena sepak bola karena di bawahnya mengandung lumpur hidup atau faktor keamanan dan manusia ingin seperti angin. Setiap ide-ide baru yang timbul dari kerangka berfikir manusia tidak semua karena inspirasi manusia yang membuatnya atau yang menciptakanya karana dalam kehidupan, tuhan sebagai pelaku utama dari kehidupan dan tuhanlah yang menyediakanya. Seperti manusia ingin membuat manusia merupakan hal yang mustahil karena manusia hanya bisa berkembang biak namun tidak biasa menciptakan. Keterbatasan manusia dalam menjangkau hal-hal tidak pantas untuk di pikirkan  namun pantas dijaga seperti kesehatan.

Fungsi Inspirasi

Mengapa setiap manusia harus memiliki infirasi yang tinggi. Jawabannya adalah insfirasi mengantarkan manusia kemasa depan yang akan datang untuk lebih maju. Berani bermimpi dalam membangunan sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia ( SDM ) dalam beragam macam sumber membawa suatu pengaruh  penting lahirnya insfirasi bukan suatu problem namun insfirasi lahir sebagai pencegah dari berbagai macam problem.
Pembangunan tempat penantian bus (HALTE) merupakan insfirasi rakyat yang tercurahkan untuk kenyamanan para pengguna jasa bus. Insfirasi yang di bangun berdasarkan kesadaran atau ide-ide baru membentuk suatu tindakan yang bernilai positif. Misalkan di kota jakarta di bangun jalan layang ( play oper ) untuk mencegah kemacetan lalu lintas, PT KRL ( kareta listrik ) mennyiapkan gerbong khusus untuk wanita guna menghindari pelecehan seksual juga merupan insfirasi masyarakat tentang keamanan dan kelencaran berlalu lintas. Jadi insfirasi berfungsi sesuai dengan ketergantungan atau tempat.
Chardyantho mahasiswa, STIE HIDAYATULLAH Depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar