Rabu, 07 Desember 2011



HIKMAH DI BALIK KEKURANGAN

pendahuluan
Segala puji hanya untuk Allah yang tidak pernah bosan – bosanya mengurus mahkluknya walaupun berbagai watak dan kerakter mahkluknya. Namun Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hambanya, berupa nikmat yang tidak terhingga dan rahmatnya kepada seluruh mahkluknya serta hidayah dan hinayah kepada orang yang beriman. Dengan berbagai kerakter dan watak yang berbeda hingga banyak diantara mahkluknya yang membangkang, ingkar, dan menyekutukanya. Karena Allah maha sabar dan maha segala – galanya, walaupun ada yang membangkang dengan perintahnya namun Allah masih memberikan kesempatan untuk menarik napas yang lebih dalam artinya masih banyak untuk menikmati kehidupan dunia.
Selawat beriring salam semoga tercurah limpahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang mengantarkan umat manusia pada jalan yang lurus. Beliau adalah bapak peradaban, bapak ekonomi, bapak rumah tangga, panglima perang serta beliau adalah pemimpin bagi seluruh dunia. Sosok yang menjadi suritauladan umat manusia yang masa kini tidak tau akan kebenaran, hak dan bathil, haram dan yang halal. Prilaku dan gaya hidup beliau tidak pernah menyakiti hati orang lain bahkan selama hidupnya beliau menjadi pelayan bagi rakyat. Beliau jualah yang membawa risalah kebenaran hingga banyak budak sahaya yang di merdekakan.
Pembaca yang budiman, disini saya akan mengambil  contoh sikap dan kepribadian Nabi Muhammad yang menjadi panutan umat islam sampai akhir jaman. Perjuangan hidup bukanlah permainan, di dimasa kecil hingga beliau menjadi rasul yang akhirnya perjuangan adalah bagian dari kehidupan karena tidak pernah berhenti dalam berjuang. Hidup tanpa perjuangan itu hampa karena tidak memiliki sejarah  dalam perjuangan hidup. Sedangkan orang yang masa kecilnya hanya merasakan nikmat kesenagan tanpa merasakan kesusahan dahulu maka sedikit sekali meraskan nikmatnya hidup.
Belajar  Dari Nabi Muhammad
Ketika Muhammad dua bulan di dalam kandungan Ibunda Siti Aminah, ayahnya Abdullah sudah menghadap Allah SWT,  Muhammad  lahir dalam keadaan yatim. Ketika menginjak usia enam tahun Nabi Muhammad sudah harus kehilangan ibu tercintanya Siti Aminah. Maka lengkapah hidup beliau menjadi yatim piatu. Akhirnya Nabi Muhammad di asuh oleh kakenya Abdul Muthalib, namun ini tidak berlangsung lama, dua tahun di asuhan kakenya dan Nabi Muhammad baru berusia delapan tahun,  Abdul Muthalib kakek Nabi di panggil menghadap Allah. Muhammad di asuh oleh asuh sang paman Abu Thalib. Disinilh beliau mulai berkembang dan tumbuh dewasa.
Masa perjuangan Muhammad ketika Muhammad memasuki usia remaja terjun menggeluti pekerjaan yang dianggap hina biasanya dilakukan oleh budak-budak yaitu mengembala. Ini sangat disadari oleh Muhammad. Muhammad mengembala domba milik pamanya sendiri bersama teman – teman seusianya.
Setelah mengembala akhirnya ikut pamanya berdagang walaupun Muhammad tidak memiliki pengalaman sedikitpun dalam dunia dagang. Kecuali pada waktu ikut pamannya, Abu Thalib ke Syam. Beliau memberanikan diri membawa barang dagangan Khadijah Binti Khuwailid dengan bermodalkan etos kerja dan melalui padang pasir yang gersang, panas dan tandus. Manusia yang mendapat gelar Al-Amin (orang yang terpercaya) ini ingin mempertahankan predikat ini sampai kapanpun. Kalau dalam dunia dagang dikenal penuh dengan kebohongan dan kedustaan Muhammad ingin menyelami kehidupan manusia yang bergelut dalam dunia itu.
Paling tidak untuk menambah pengalaman. Terbukti dengan caranya sendiri yang menjauhkan diri dari praktek-praktek kotor dalam dunia dagang, berhasil melariskan dagangannya Pedagang yang satu ini bahkan menjadi perhatian pasar. Karena sepanjang sejarah perpasaran barulah ada orang yang berdagang seperti itu. Berbicara sejujurnya, sopan dan santun kepada pembeli, murah senyum. Tidak sangar dan tidak bersuara keras apalagi berteriak. Akhirnya tempatnya ramai dikunjungi orang. Itu yang menyebabkan dagangannya paling cepat habis terjual.
Keuntungan yang diperolah berlipat ganda banyaknya. Majikannya terperangah dibuatnya. Karena sepanjang perjalanan hidupnya dalam dunia bisnis baru kali inilah dia memperoleh keuntungan yang begitu banyak dalam waktu yang sangat singkat. Untuk menggali hal ini Maisaroh terpaksa diusut habis-habisan. Maisaroh menceritakan apa adanya yang dia lihat dan saksikan dalam transaksi jual beli yang dilakukan temannya itu. Menurut cerita Maisaroh, kalau Muhammad menjual dia jelaskan kepada pembeli kenapa ada yang dijual murah ada yang mahal. Dia terangkan dengan kata-kata yang jelas sambil tersenyum. Banyak yang membeli barangnya jauh lebih tinggi dari harganya dengan alasan, “Saya bukan membeli barangnya tapi membeli hati penjualnya”.
Penyelidikan pun di lakukan ternyata dalam kepribadian Muhammad mencerminkan sikap dan prilku yang terpuji. Teryata diam – diam khodijah menaruh hati pada Muhammad, dan di balik semua itu akhirnya Muhammad menikah dengan khodijah dengan usia Muhammad berusia 25 tahun dan khodijah berusia 40 tahun dengan selisih umur jauh berbeda yakni 15 tahun lebih tua khodijah dari pada nabi Muhammad. Pasangan Khadijah- Muhammad dikaruniai 2 putra (Qasim serta Abdullah) dan 4 putri (Zainab, Rukayyah, Ummu Kalsum, dan Fatimah). Khadijah adalah wanita pertama yang masuk Islam. Ia meninggal pada usia 65 tahun, setelah 25 tahun menikah dengan Muhammad. Selanjutnya  Muhammad mulai bergua hiro selama lima tahun yaitu usia 35 tahun sampai 40 tahun barulah beliau menerima wahyu pertama yakni surah al – alaq ayat 1 – 5 yang turun di mekah.




Nabi Muhammad di angkat menjadi Rasul ketika menerima wahyu pertama yaitu usia 40 tahun saat beliau bermeditasi di gua hira (Surah Al-Alaq). Sejak itu, Nabi Muhammad mulai mengembangkan ajaran Islam. Namun tentangan, cercahan, hinaan ancaman, bahkan rencana pembunuhan silih berganti datang.

Cobaan untuk menegakkan aqidah Islamiyah kepada bangsa arab saat itu begitu berat, bahkan sang paman Abu Thalib- pun hingga meninggal tak pernah masuk Islam. Selama tiga tahun pertama, Muhammad hanya memperoleh pengikut di kalangan keluarga seperti Khadijah, Ali, Zaid bin Haritsah dan Bilal. Pada awal tahun 613 M, Nabi Muhammad mengumumkan secara terbuka tentang ajaran agama Islam. Tokoh-tokoh bangsa arab yang secara terbuka menjadi pengikut Muhammad antara lain Abu Bakar, Utsman bin Affan, Zubair bin Al Awwam, Abdul Rahman bin Auf, Ubaidah bin Harits,Amr bin Nufail. Namun penentang Nabi amatlah banyak. Orang-orang yang masuk Islam mendapat hinaan,cercaan, siksaan, bahkan ancaman pembunuhan. Nabi kemudian memerintahkan pengikutnya hijrah ke Habsyah. Raja Habsyah, bersedia menerima orang-orang Islam pindah ke negaranya dan melindungi mereka dari ancaman suku Quraisy di Mekah. 

MENGAMBIL HIKMAH DI BALIK KETERBATASAN
Bukankah Rasulullah telah menjadi contoh dalam kehidupan, karena ketebatasanya Rasulullah bisa menjadi orang sukses dan menjadi pemimpin dunia. Bukankah Ketika masih anak - anak  harus mengembala domba dimana pada masa itu adalah pekerjaan yang paling hina karena yang bekerja sebagai pengembala adalah para budak. Namun semangat beliau pantang mundur walaupun di hina dan di caci maki.  Hikmah dalam keterbatasan ini bukanlah memicu suatu problem yang mustahil untuk bangkit dari keterpurukan.
Ada seorang anak yang menagis terlonta –lonta, berbaring bahkan di jalan – jalan menangis gara – gara minta di belikan sepatu baru. Namun ada seorang anak yang termenung gara – gara tidak memiliki kaki yang lengkap karena cacat ketika lahir. Mengapa masih ada orang yang menagis gara – gara tidak dibelikan sepatu baru. Coba renungkan sejenak jika ada orang yang bersedih karena tidak memiliki kaki yang lengkap, bukankah mereka yang seharusnya menangis tersedu – sedu, toh mengapa mereka yang serba kekurangan yang mempunyai semangat yang tinggi.
Bagi orang – orang beriman dan selalu menggunakan akal sehatnya selalu melihat  kebawah bukan keatas. Jika kepalamu ada rambut, memiliki mata lengkap, otak yang sehat, kaki lengkap, kuping lengkap, hidung mengarah kebawah, gigi berwarna putih dan lengkap jumlahnya maka apa lagi yang kurang dari kamu. Bukankah Allah sangat mencintai hambanya yang mensyukuri nikmat walaupun itu sedikit nilainya, dan bukankah Allah sangat murka dengan orang – orang yang tidak mensyukuri nikmat. Tidakkah sudah sepantasnya kamu berbangga dan tersenyum dan bersyukur dengan karunia dan rahmat Allah. Janganlah merasa iri melihat teman yang serba berkecukupan.  Tidakkah kamu bersyukur karena masih memiliki Allah dan badan yang sehat. Dan jangan berkecil hati diatas keterbatasan yang di miliki dan jangan menyerah dengan kurangnya vasilitas di bandingkan teman – teman yang lain.
Yakinlah ini semua merupakan ujian dari Allah kepada hambanya sejauh mana keiman hambanya. Bukankah di balik suatu peristiwa ada hikmahnya.  Jangan mudah berputus asa karena keterbatasan vasilitas dan keuangan saat ini. Bukan jaminan memiliki vasilitas  dan berkecukupan dari segi keuangan dapat mengatarkan pada tingkat kesuksesan. Ketahuilah bahwasanya semua itu bukan  pendukung namun yang menjadi pendukug untuk sukses adalah semangat dan kemauan yang tinggi untuk berjuang dan berkorban untuk berada pada tingkat kesuksesan dunia dan akhirat.
Betul saat ini keuangan kita sangat tipis, pasiliatas tidak punya, namun Allah maha tahu tentang hambanya yang mau berusaha keras untuk menuju kesuksesan. Pada dasarnya  pola hidup  yang serba kekurangan  namun punya visi, misi dan konsep yang jelas  merupakan sinyal atau tanda – tanda menuju jalan hidup pada kesuksesan. Serius dan bersungguh - sungguh menimba ilmu  merupakan sosok orang tersebut sudah punya kekayaan intelektual semangat dan kerja keras. Usaha yang keras dan pantang menyerah  bertanda memiliki pontensi dan kemaun untuk berjuang dan bangkit dari keterpurukan.  Karena belum tentu orang yang serba berkecukupan memiliki semangat untuk belajar dan kaya akan intelektual serta cerdas dalam bersikap.  Apa yang ada pada diri kita belum tentu ada pada  mereka bukankah Allah menciptakn semua mahkluknya sesuai dengan potensinya masing – asing.
PANTANG MENYERAH
Walupun saat ini  serba kekurangan  namun semangat belajar  tidak pernah surut, aku akan terus melangkah dan berlari sejauh mungkin walaupun kaki ini di tusuk paku namun kaki ini tetap melangkah dan berlari pantang mundur walupun di iringi dengan tetasan darah, sekali layar berkembang pantang mundur. Tidak akan surut semangat ini walaupun di pendam di dalam  tujuh lapis bawah tanah paling dalam. aku akan bangkit dan menatap kedepan untuk menyonsong masa depan , aku yakin Allah akan memberikan yang terbaik buat aku karena aku selalu berusaha dan berdo’a agar ke hidupan curam ini menjadi cerah.
Pantang pulang sebelum menang, istilah ini merupakan motivasi prajurit TNI, makna yel – yel ini memberikan semangat perjuangan tinggi untuk menang dan menuju kemerdekaan. Pantang pulang sebelum padam artinya  motivasi dari sang kapten kepada prajurit yang memadamkan api. Coba renungkan sejenak istilah ini apa makna di balik motivasi ini. Ketika memadamkan api yang sangat panas dengan mengerahkan seluruh tenaga dan penuh perjuangan dengan jiwa dan raga untuk memadamkan api. Namun apa yang terjadi ketika api sudah padam betapa bahagianya setelah memalalui perjuangan yang susah payah tersebut. Artinya dalam semua aspek kebahagian memerlukan perjuangan yang keras dan pengorbanan pikiran, tenaga dan harta bahkan nyawa.



Hikmah di balik serba keterbatasan
Rasulullah bukanlah orang yang berasal dari keluarga  kaya dan terpandang, bukankah beliau juga pernah bekerja sebagai pengembala domba setara dengan derajat para budak di masa lalu. namun kenapa beliau menjadi pemimpin dunia dan sukses dalam dunia bisnis. Contoh kecil lagi coba lihat mengapa ada  orang yang sukses dengan keterbatasan fisiknya tidak punya dua tangan atau kaki. Namun mengapa banyak  pengangguran, pencurian, pemerkosaan, pembunuhan, dan sampah masyarakat padahal mereka orang sempurna secara fisiknya. Ingat ada hikmah di balik keterbatasan fisik, asalkan  punya kemauan dan terus berusaha sekali layar berkembang pantang pulang.
Renungkan
Kekurangan  saat ini bukan suatu azab atau siksaan dari Allah, ingatlah firman Allah yang artinya ” Jangan mengaku beriman sebelum Allah mencoba dengan rasa lapar, sakit, ketakutan dan kekurangan harta “. Mari renungkan sejenak bukankah orang yang kekenyangan itu merasa nikmatnya lapar. Sekali lagi coba renungkan bukankah orang yang lapar itu merasa nikmatnya kenyang.  Begitulah kehidupan memberikan hikmah. Kalau memang saat ini  masih mengalami keterbatasan namun  punya cita-cita, visi, dan konsep maka Allah akan merubahnya. bukankah setelah kesulitan ada kemudahan,.bukankah setelah kesulitan ada kemudahan, kalimat ini di ulangi dua kali oleh Allah dalam (Qs, Alam Nasyrah 6 -7), asal kita mau berubah nasib. Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum   itu yang merubah nasibnya sendiri.
Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui setiap detak jantung dengan denyutan nadi setiap manusia. Bukankah Allah Maha mengetahui, karena Semua ini memang sudah di atur oleh Allah, namun Allah menyuruh manusia untuk merubahnya, karena ketentuan yang telah ditentukan oleh Allah bisa dirubah. Suatu peristiwa kelahiran manusia adalah sesuatu yang telah ditentukan oleh Allah bahwasanya setiap manusia mengemban amanah untuk merubah takdirnya. Memang cukup berat untuk berada pada tingkat konsisten, dan menumbuhkan semangat belajar, karena memerlukan mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaga.
Coba tuangkan waktu sejenak, duduklah pada tempat sunyi dan sepi (bukan melamun) pusatkan pikiran untuk kehidupan ini , insyaAllah akan menemukan jalan keluarnya yakini hidup adalah pilihan. perhatikan sejenak kutipan ini, ada orang yang ingin beli mobil “iya” beli rumah “iya” punya ladang pertanian ”iya” inilah bukti yang menunjukan hidup sebagai pilihan. bagaimana dengan orang yang ingin hidup pas- pasan dan tidak ingin miskin, berarti dari peristiwa ini hidup adalah pilihan.
NIKMAT DI BALIK KEKURANGAN
          Sering orang melihat dan menilai orang yang berkecukupan bahagia dan tenang, penilaian ini salah karena tidak berdasarkan ilmu pengetahuan dan selalu menilai dari fisik. Mereka tidak akan merasakan kenikmatan dan kekurangan serta indahnya perjuangan kecuali orang sukses berawal dari serba kekurangan dan perjuangan. tapi yakinlah anda akan lebih dari itu asalkan selalu berusaha dan  mau bersusah payah.
           Singsingkan lengan baju, buka pikiran, buka niat, buka mata lebar-lebar dan terangi meja belajar dengan lampu penerang. Tataplah pada arah satu titik yaitu sukses dan sukses dengan ijin Allah pasti sukses. Tidak lupa goreskan tinta pada buku sebagai penelitian dan menyertai Allah pada kehidupan ini karena Allah akan merubah nasib  hambanya yang mau berusaha untuk merubah nasibnya.
 Rasakanlah jika anda menjadi orang yang sukses, Semua perjuangan yang serba kekurangan kini berubah menjadi serba ada. Kenikmatan di balik kekurangan seperti berada pada pada tempat yang adem dan menyenangkan setelaah kepanasan. Pikiran dan kedermawanan akan tumbuh dari orang-orang sukses setelah mengalami pahitnya kehidupan yang serba kekurangan.




UTAMAKAN ILMU
           Ilmu adalah keutamaan yang paling utama dalam mengurangi kehidupan ini. Tanpa ilmu seperti tong-kosong nyaring bunyinya, Setiap perktaannya tidak berbobot, tidak memiliki visi dan konsep hidup. Orang yang berilmu selalu mengendepankan Allah dan ilmu sebagai sumber kehidupan. Jangan putus asa pada saat  tidak memiilki apa-apa, yakinlah walaupun saat ini  tidak memiliki apa-apa tetapi masih ada Allah. Utamakan ilmu sebagai jembatan kesuksesan, dan terus memperbanyak membaca buku sebagai wawasan.
TIPS SUPAYA TIDAK MINDER DAN MERASA KEKURANGAN
1).   Jangan melamun, jangan terlalu banyak tidur, menghayal/berandai andai karena otak bisa buntu
  2).   Berteman dengan teman yang bisa di bawa curhat dan tukar pikiran.
  3).   Selalu berdiskusi ilmu (bukan ngerumpi bagi kaum hawa).
  4).   Selalu yakin saya bisa, (bukan sombong).
  5).   Selalu bersama Allah swt.
Inilah metode yang dapat saya buat mungkin ada manfaatnya bagi yang mau menggunakan akal sehatnya. Chardiyantho,Mahasiswa STIE Hdayatullah Depok.

1 komentar:

  1. The Casino & Racetrack - MapyRO
    Find 포천 출장안마 your way 안산 출장마사지 around 서울특별 출장안마 the Casino & Racetrack in Atlantic City, NJ. to the racetrack and see which racetracks in the 제주 출장샵 area offer the 원주 출장마사지 best gaming and entertainment

    BalasHapus