Selasa, 06 Maret 2012

PENGARUH AL -QUR'AN


Segala puji hanya untuk Allah yang telah melimpahkan rahmat, taupik dan hinayahnya kepada hambanya, sehingga dengan rahmatnya itu manusia dapat melakukan aktivitas dan menghirup udara segar, dan masih di berikan kesempatan untuk bertaubat kepadanya.

Selawat beriringkan salam semoga di curah limpahkan kepada baginda nabi besar muhammada SAW yang telah bersusah payah memperjuang islam demi mensejahterakan manusia dan mengantarkan manusia pada jalan yang lurus.

Masa Kejayaan Islam
Pada masa era kejayaan islam di abad pertengahan banyak melahirkan ilmuan seperti Ibnu Sina, Alfarabi dan Ibnu Rosyd dan para ilmuan lainya yang saat ini masih dikenang oleh sejarah. Ini semua membuktikan bahwasanya islam sebagai agama kedamaian dan membawa cinta.

  Masa Runtuhnya Kejayaan Islam

Pada  masa dinasti Umayyah bin abi sufyan, kejayaan islam mulai runtuh. Ini di sebabkan oleh para pemimpinya yang tidak sanggup dalam mengurus dan menjaga amanah sebagai pemimpin. Apalagi banyak bertentangan dengan sekelompok golongan yaitu Dinasti Abbasyiah. Pertetangan ini membuat islam menjadi terpisah dan terbagi-bagi.

Islam runtuh di sebabkan oleh faktor pertentangan-pertentangan para pemimpin islam yang merebut kekuasaan. Dan ketidak sefahaman dalam pendapat sehingga selalu menjatuhkan antar golongan satu dengan yang lainya, sehingga islam terpecah belah samapi saat ini.
Kemuliaan Islam
Sesungguhnya agama yang paling mulia disisi Allah adalah agama islam, Allah sangat memuliakan agama islam. Islam sebagai agama rahmatalilalamin yang mampu memecahkan permasalahan –permasalahan dunia sehingga sampai saat ini kesejahteraan dan kedamain dapat di peroleh dari agama islam.

kembali ke sejarah nabi Muhammad SAW yang bergua hiro selama lima tahun. Apakah makna di balik gua hiro tersebut, maha besar Allah tidak Allah menjolimin seorang hamba yang suci dan bersih dari dosa. Dengan bergua hironya Muhammad selama lima tahun memberikan petanda kebaikan yaitu merenungi kebenaran dan ingin merubah kebiasaan jahiliyah kafir quraisy.

   Turunya Ayat
   Iqra ( bacalah )

Iqra bismirabikallazi kholaq” bacalah dengan nama tuhan yang menciptakanmu. Surah ini turun setelah Muhammad berusia 40 tahun, bertepatan dengan 17 ramadhan di gua hiro dengan perintah membaca siapa tuhan itu sebenarnya dan siapa yang menciptakn seluruh isi dunia. Dengan turunya wahyu pertama Muhammad mulai berdakwah secara sembunyi-sembunyi.

Mula Perkembangan Islam

Dakwah dari mulut kemulutpun terjadi walaupun itu dengan cara sembunyi-sembunyi. Kehadirian islam membawa perubahan yang sangat seknipikan sehingga pengaruh islam sampai kepenjuru jazirah arab setelah dakwah yang dilakukan rasululallah dengan terang-terangan. Berbagai tantangan yang dihadapi Rasulullah baik itu dari keluarganya sendiri.

Namun bendera islam tetap berkibar dengan aluanan yang menghanyutkan banyak kaum kafir saat itu jadi gentar menghadapi islam. Islam membawa suatu kekuatan dan perubahan terbukti kaum budak pada saat itu bnyak yang di merdekakan seperti Bilal bin robba. Bilal adalah budak yang bersyahadat setelah di merdekakan oleh Abu bakar sidiq. Keislamam bilal membawa pengaruh pada diri Rasulullah baik itu suaranya yang bagus namun bilal juga memiliki semangat perjuangan yang tinggi.

Apalagi setalah Umar yang terkenal dengan keberaniaanya dan sebagai pemuka kafir yang jago dalam perperangan akhirnya bersyahadat setelah menyaksikan adik kandungya membaca kitab suci al- qur’an, dengan lantunan ayat tersebut meluluhkan hai Umar yang saat itu berhati keras seperti batu menjadi orang yang sangat lembut dan sangat perhatiaan terhadap rakyatnya setelah menggantikan abu bakar menjadi khalifah menggantikan rasulullah  SAW wafat.

Apa pengaruh al-alaq dalam menjalani islam, islam sebagai agama rahmatalilalamin, dengan turunya surat al- alaq berarti membuka pintu dunia. Semua sumber ada di dalamnya, terbukti al- alaq melahirkan ribuan ilmuan muslim. Dengan membaca berarti membawa perubahan ilmu pengetahuan.

Membaca bagi islam sebagai keharusan, dengan membaca berarti membawa pengaruh yang sangat positip untuk agama islam. Kehadiran islam bukan problem namun kehadiran islam bisa membawa perubahan dunia saat ini. Dengan membaca berarti membawa suatu perubahan serta pembangunan.

Al- qalam ( Tulislah )

Nun, walqolami wama yasturun”  demi pena dengan yang mereka tuliskan”.  Surah yang turun di kota mekah. Apa kaitanya antara al- alaq dengan al –qalam. Kedua surah ini sangat erat kaitanya karena setelah membaca keharusan untuk menulis. Al- qur’an yang menjadi sumber ilmu dan al- qur’an juga harus di pelajari karena setiap ayat mengandung peristiwa-peristiwa sejarah para nabi dari nabi Adam sampai nabi Muhammad  SAW.

Namun al- qur’an menceritakan peristiwa yang akan datang, artinya dengan al-qur’an manusia dapat membaca peristiwa alam yang akan datang. Bukankah al-qur’an telah menggambarkan bagaimana peristiwa itu bisa terjadi jika bukan ulah tangan manusia.

Dengan kehadiran islam berati merubah tatanan jahiliaya menuju tanan yang lebih islami. Membongkar kembali budaya-budaya yang dapat merusak ahklak dan martabat suatu kaum khususnya kaum hawa yang pada saat itu islam belum hadir wanita sangat di rendahkan martabatnya,di jauhi bahkan di kubur hido-hidup karena dianggap membawa sial.

 Al- Muzammil ( Orang-orang yang beselimut )

Yaaayuhalmuzammil” qumillayla illaqalila” wahai orang-orang yang beselimut ( Muhammad )” bangunlah untuk shalat pada malam hari, kecuali sebagian kecil.

Pondok pesantren Hidayatullah telah menciptakan sejarah yang cukup menabjubkan dunia, karena dengan Al- muzammil dapat mencetak para kader yang unggul dan berkualitas dan dapat di uji kemampuanya di medan dakwah. Pendiri Hidayatullah almarhum Abdullah syahid, telah memembuktikan dengan al- muzammil dapat menumbuhkan spirit baru dan tidak takut dengan siapapun kecuali dengan Allah dan berharap penuh kepada Allah di kala suka maupun duka.

Islam lahir dari suatu peristiwa yaitu membaca ( Iqra), kemudian di susul ayat kedua yakni dengan urutan menulis ( al-qalam), setelah menulis dengan ber Al-muzmmil. Runtutan yang sangat logis jika seorang di perintahkan membaca kemudian menulis. Itupun  tidak cukup dengan membaca dan menulis karena ruh belum terbangun dengan sempurna dan belum lengkap ibarat tubuh punya tangan kanan tapi tangan kirinya tidak ada Begitulah runutan ayat.

Sesunggunya orang yang jiwanya terbangun dan ruhnya yang bersih  adalah orang –orang yang menjadikan kedua metode ini sebagai dasar membangun landasan berpikir. Berpikir yang handal dan terbebas dari  pengaruh budaya liberal adalah pemikir yang menjadikan budaya membaca, menulis dan menjadikan Al –muzammil sebagai pembangun ruh yang bersih dari larangan –larangan Allah.

 Al- mudatsir ( Berilah peringatan )

“Yaayuhal mudatsir, qumfanzir” wahai orang-orang yang berkumul ( berselimut)” bangunlah lalu berilah peringatan”. Apa maksud ayat ke empat ini dalam sistem matika nuzunlnya wahyu. Maha besar Allah yang telah mengatur dan memoles sedemikian rupa perintah dn maksud agar dalam pelaksanaanya islam dapat memberikan yang terbik dan selalu memperhatikan seluruh aspek kehidupan dan tidak memiliki sikap tebang pilih.
Islam sebagai agama toleransi, yang tidak pernah mencari-cari munsuh dan tidak pernah malakukan keonaran kecuali sebagian golongan yang belum mengenal islam. Dengan turunya  surah Al- mudatsir ini bertujuaan agar memberikan peringatan kepada suatu kaum yang belun mengenal islam secara keseluruhan.

Al -  fatiah ( Sosok Pemimpin )

Alhamdulillahirabbil A’alamin” segala puji bagi Allah tuhan semesta alam”. Dengan rasa penuh syukur dan menundukan hati dan pikiran jiwa dan raga hanya di serahkan kepada Allah. Al- fatihah sebagai surah penutup sistem matika nuzulnya wahyu, yaitu membicarakan sosok seorang pemimpin yang berani tampil di medan perang dakwah menegakkan kalimat tiada tuhan selain Allah.

Dengan kata lain berarti membaca adalah sebagai pengenalan manusia terhadap tuhanya, menulis sebagai menorehkan ilmu dan akan di jarkan kepada seluruh manuisa bahwanya tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, Al-muzammil sebagai kesyukuran dan obat di kala senang dan sebagai ratapan hidup seorang hamban kepada tuhanya.

Almudatsir sebagai perintah memberi peringatan kepada orang-orang yang belum mengenal islam dan saling menasehati dalam kebenaran dan saling mencegah dari perbuatan kebathilan. Di tutup dengan surah al-fatihah berarti siapa dia yang di ceritakan dalam ke empat surah tersebut. Jawabanya adalah, seorang pemimpin yang berjiwa pahlawan dan semangat perjuangan tinggi agar dalam menegakakn kalimat Allahuakabar tidak dalam sendiri.

Dengan mengetahui sebabulnuzulnya Al- qur’an berarti melangkah dengan jalan yang di ridhoi Allah. Melalu sejarah bahwasan berislam yang benar dan hakiki, karena di mulai dari membaca atau mencari sumber ilmu pengetahuan dan di imani.

Proses kedua ialah dengan menuliskanya dan mengajarkanya kepada siapa saja demi tegakny daulah islam di bumi yang penuh pancaroba. Semoga Allah menjadikan orang islam selalu mendapat pertolongan dan hidayahnya. KARDIANTO, MAHASISWA STIE, HIDAYATULLAH, DEPOK







Tidak ada komentar:

Posting Komentar